METTANISAMSA SUTTA ANGGUTTARA NIKAYA 8;1 BY BHANTE VIVEKADASSO 8-2-22 DARI VIHARA DHAMMACAKA JAYA
Sutta dengan pembicaraan yang sama, juga ada di11;15 serta ini 8;1 untuk kelompok 11 sama tapi ada 3 hal tambahan,ketika melihat kedua sutta. Ini ada satu topik yang sama nisamsa memiliki arti, manfaat kebajikan yang bisa diharapkan dengan praktik metta jika sama di 8;1 & 11;15, ini pasti persis di 8;1 ini dijelaskan diVihara Ananthapindika dikota Savatthi yang pettama, tidak mengarah pada manfaat bagaimana praktik yang dilaksanakan sehingga dapat manfaat, itu sama juga dikelompok 11 ketika tidur & bangun tidur bahagia ada hal yang baik, tapi gimana cara kita untuk dapat hal itu dilihat dalam kitab komentar ada 8 hal yang pertama, dengan mempraktikan mengembangkan memperbanyak menjadikan kendaraan landasan, menegakan akumulasikan dilaksanakan dengan baik mengasosiasikan bukan biasa saja, tapia da penekanan dengan benar benar serius kita lakukan praktik metta bukan biasa saja, segala kebajikan itu dengan penuh penghormatan serius sepenuhnya dalam praktik metta bisa dikembangkan benar benar kembangkan hal itu, proses pengembangan sesuatu untuk praktik yang penting, melakukan pengembangan batin metta salah satu jenis praktik melakukan pengembangan itu.
Bukan diri sendiri / orang yang kita sayangi, kita kembangkan metta secara subjek mendasar diri sendiri, orang dekat orang yang kita sayangi. Secara perlahan orang yang jauh tidak terlalu dekat, orang disekitar pulang kerja orang berjualan kita tiada koneksi mereka objek pengembangan metta, semoga ia berbahagia semoga yang berjualan itu berbahagia akan berbeda kalau diri sendiri, keluarga berbahagia tapi gimana jika netral untukbisa serius asosiasikan batin bahagia, bukan kata saya itu lebih susah bukan hanya netral / makhluk yang tidak kita sukai, tidak suka ada dendam pribadi yang dihilangkan benci orang itu dengan pengharapan lebih baik, sudah terlihat sulitnya semua makhluk itu termasuk musuh orang yang dibenci jadi kembangkan cinta kasih, mana mungkin bisa perlahan lahan dikembangkan terus itu patut untuk dikembangkan, melakukan lagi & lagi bukan sekali saja kalau cuma sekali batin kita kembangkan metta, karena dengan lakukan berkali kali ini agar ada hasil atau manfaat menjadikan kendaraan, itu seperti pengekang untuk capai tujuan itu bagaikan kendaraan supaya sampai tujuan.
Komentar
Posting Komentar