Q&A BY BHANTE THITASADDHO ON YOUTUBE VJDJ 6-9-22
Ini merupakan lanjutan sharing, pada tanggal 22-6-25 anukampanti itu harus wajib melakukan keenam hal ini, tidak bisa menyampaikan langsung. Setidaknya menjadi contoh seminimal minimalnya, itu kata kerja saat ini bukan kata perintah / pasif itu kata kerja saat ini yang sudah pasti dilakukan oleh para bhikkhu, oleh karena itu mengapa perumah tangga harus diketahui, sehingga dengan menjalankan yang patut dilakukan sehingga tidak bersebrangan itu agar meluruskan pandangan perumah tangga.
Tidak disampaikan semua, karena vinaya itu banyak sekali apa sih yang disebut vinaya, vinaya karena mengarahkan pada yang spesifik. Sifatnya membinaskan hal hal yang buruk melalui jasmani, vinaya itu ada sumbernya divinaya pitaka itu ada 5 seri jadi karena ini satu buku, sutta vibbhanga itu ada masuk dalam parajikapali & pacitiyapli peraturan peraturan patthimokkha mahavaggapali culavaggapali, itu peraturan bhikkhu diluar patthimokkha abhisamacara, itu tidak ternilai bobotnya karena melebihi dalam 227 / 311 sila kitab ulasan itu sangat banyak sekali.
Vinaya secara umum ada 7 jenis pelanggaran, parajika itu bukan lagi sebagai bhikkhu secara umum melakukan hubungan dewasa itu manusia / siapapun, mencuri memang ada batasannya sebatas menggeser barang, itu juga sudah salah sekali. Membual menghilangkan nyawa orang lain itu berbahaya, kebohongan itu juga bahaya sanghadisesa itu perlu penanganan penuh dari sangha,dll.
4 parajjhika itu bukan sebagai bhikkhu, tidak bisa ditabishkan lagi pada saat kehidupan ini itu memang sangat perinci, memang ada beberapa bhikkhu yang melakukan pelanggaran ini, melapor banyak pihak sampai butuh 1 bulan. Bahkan lebih dari itu memang sulit dijelaskan ketika bhikkhu melakukan pelanggaran ini, misalkan terima uang secara langsung itu harus dibuang, tidak bisa digunakan sama sekali kalau diterima langsung tata perilaku yang kurang pantas, memang bukan peraturan yang begitu berat.
Terkadang ada yang bilang, kehidupan sekarang sudah berbeda memang ada yang tidak dilarang tapi jika selaras, itu sama sekali tidak sesuai. Jika memang tidak sesuai itu tidak sesuai kalau tidak dilarang, kalau selaras berarti itu sesuai sebenarnya kalau memang kelihatannya senada tidak diizinkan, itu bagaimanapun tidak diizinkan misalkan bhikkhu menyetir mobil dulu memang tidak ada, tapi ada bhikkhu yang boleh mendayung sampan itu diizinkan mobil setara dengan kuda, kecuali mobilnya didayung para bhikkhu tidak boleh makan disiapkan sendiri.
Komentar
Posting Komentar