LAMRIM


Sikap kita terhadap orang yang kita tidak sukai tempat itu merasa gelap tetapi jika sudah tidak ada orang tersebut tempat ini akan menjadi terang. Dia belajar dari buku dari sanskrit kalau diterjemahkan ke bahasa ada yang salah. Klesha-klesh: mengaduk faktor mental yang mengaduk aduk/ kalau batinnya kacau gak ? Kesombongan ada 6 kekotoran batin : avijja, lobha, dosha, mana/ kesombongan. Kalau udah tidak mengukur lagi itu udah arahat. Lobha kemelekatan Dosha kebencian adalah kita mau mengingatkan sesuatu. Lobha: keserakahan itu yang ingin tidak banyak jadi serakah makanan di India itu udah tidak kerasa kalau dibiara memang tidak ada rasa memang agak kurang terasa.
Kita melekat pada makanan enak yah harusnya kita menerima jangan ditolak jangan dikejar itu dalam meditasi makan. Vipassana waktu makan jangan bayang bayangin makanan lain kalau kita harus no problem dengan makanan yang udah dikasih ada juga orang mediumisasi jadi orang itu bisa menurunkan dia ada orang yang sakit disini padahal itu bisa menyampaikan ajaran lamrim. Periksa dokter tibet melihat urat nadi pancaskhanda sunyata harus belajar pancaskhanda suabhava: menjadi dengan sendirinya. ada blessing diteh tersebut.
Kita sudah lama disamsara mengejar diri sendiri kita sudah peenah ke 31 alam semua. Kita sudah lama mengejar kebahagiaan diri sendiri. Jadi ada waktu dimain hall pradaksina. Mengikuti pradaksina dengan melafalkan 8 angin duniawi. Pujian kalau dipuji itu rasanya gimana? Kenapa senang padahal tidak berpengaruh apapun? Pengembara brahmana kambing itu ingin dicari kambing.
Pencuri 1 kenapa kamu menggembalakan anjing? Bukannya kambing padahal kambing pencuri 2 dan 3 pun sama. Sama seperti apa benar orang itu benar benar puji kita. Jangan percaya terhadap itu? Jadi seperti pujian. Motivasi menengah asal mula penderitaan. Kemelekatan bagaimana ambil alihnya? Makanan enak bayangkan makanannya muncul kemelekatan karena membangkitkan dengan sengaja / tidak. Dengan sengaja membangkitkan kemelekatan. Biara Dagpho/ Biara Lamrim.
Orang belajar lamrim semua belajar. Biara Lamrim / Biara Dagpho ajarannya jadi semua sama dari Dagpho Rinphoce. Rinphoce dirinya tidak pernah menyebutkan tidak punya realisasi. Padahal Dagpho Rinphoce punya realisasi ketidakpastian buku biografi diri kita sendiri. Merenungkan poin poin yang tadi renungan salah satunya outlinenya. Guru menjalankan 5 sila perenungannya masukkin perenungannya. Jadi kita bisa renungkan kondisi saat ini setelah kita renungkannya udah punya goal kehidupan selanjutnya. Gimana cara mencapainnya.
Kalau disini kita beruntung kita bisa sharing minimal puja kita juga bisa bertemu ajaran lamrim dengan punya kemuliaan ini kita udah punya ajarannya. Belum tentu punya akses untuk belajar kita dhamma sesungguhnya seperti ini. Kita harus memanfaatkan yang punya keberuntungan saat ini. Kalau kita gak bisa memanfaatkannya gimana? Kenapa gak dimanfaatkan saja saat ini kondisi saat ini bagaimana kondisi kita saat ini diibaratkan seperti emas tubuh manusia ini lagi. Usaha bebas gini tidak mudah kondisi sekarang ini kalau gak himpun dari sekarang sangat sulit kehidupan ini.
Kondisi kehidupan selanjutnya lebih panjang. Siapkan ke kehidupan selanjutnya. Kok bisa bisanya kita gak siapkan apa apa ke sana. Harusnya disiapkan dari sekarang bekal bekalnya. Perumpaan tubuh manusia saat ini punya perahu jadi kita bisa dayung melewati samudra samsara menuju pembebasannya. Perahunya tubuh manusia saat ini . Memiliki 8 kebebasan dan 10 keberuntungan apa yang harus dibiasakan berdana melakukan uposattha realisasinya.
Merenungkan diri kita sendiri itu harus direnungkan batin kita seperti apa? Nilai kekuatan bajik kita melakukan perbuatan bajik tidak secara quantity harus diliat kualitas jadi kondisi kita. Motivasi ke vihara menjadi apa motivasinya? Jadi semua motivasi kekuatan dibalik itu jadi kelahiran kita sebagai manusia.
Ketidakbajikan muncul dengan mudah seperti air terjun ke bawah tapi menghindari itu susah tidak perlu dibangkitkan kilesha gak perlu usaha. Sungguh kenyataan yang menyakitkan mengawasi batin kìta dalam setiap saat mesti sadar saat kita kumpul bareng teman gimana? Suka hura hura atau gimana kelas teaching gimana? Kondisi senang senang itu masih kurang? Kondisi batin kita ada dimana harus buru buru stop! Analisa setiap kondisi batin kita kalau udah sering kita bisa mudah mengontrol kondisi kita gimana bagaimana kondisi kita? Lebih mudah ke tarik ketidakbajikan kondisi saat ini kita memiliki 8 kebebasan dan 10 keberuntungan seperti tidak terlahir didaerah barbar untung kita tidak lahir disana.
Sharing sabtu lalu dikebaktian tibetan nilai kekuatan bajik kita melakukan perbuatan bajik tidak secara quantity harus diliat kualitas jadi kondisi kita seperti apa. Motivasi kita ke vihara menjadi apa motivasinya? Jadi semua motivasi kekuatan dibalik itu jadi kelahiran kita sebagai manusia. Ketidakbajikan muncul dengan mudah seperti air terjun ke bawah tapi menghindari itu susah tidak perlu dibangkitkan kilesha gak perlu usaha.

Komentar

Postingan Populer