SATTI
Satti / smrti mengingat fokus, perhatian, merenungkan
ariya mulya, triratna / tiga perlindungan Buddhanusatti, Bhagavant untuk orang
orang tertentu Buddhanussati, Bhagavant untuk orang orang tertentu Bhaga:
mengalahkan, Vant : kualitas disini adalah kesucian, Mara : kematian, kilesha,
skhanda, & devaputra / roh-roh jahat / eksternal. Bhagavant : orang yang
sudah mengalahkan 4 mara tersebut. Tathagata, Tahta : gitu deh Gatha : datang
& pergi berarti tathagata berarti sudah pergi agata : telah tiba tahtagatha
apa yang saya katakan tidak kurang / tidak lebih, apa yang saya katakan tidak
kurang / tidak lebih. Apa yang saya katakan itulah yang sudah pasti benar
menurut Buddha Sakyamuni.
Fenomena sebagaimana adanya kalau kita melihat
sesuatu yang berdiri sendiri tapi jika dalam pandangan Sang Buddha tidak melihat
sebagaimana adanya. Anicca : selalu berubah, tidak memuaskan, tidak bergantung.
Anatta: saling bergantung, Tathagata: apapun yang saya katakan akan saya
kerjakan, apa yang saya lakukan itulah yang saya kerjakan sudah selaras. Arahat
: layak pantas, orang yang pantas dihormati.
Tatha: demikianlah / kebenaran tertinggi,
karena sudah bebas dari samsara ari: menghancurkan, han: musuh à kilesha kebencian,
serakah, kebodohan batin, avijja: ketidaktahuan, moha: sebenarnya sudah
tahu menurut YM. Penerangan Moha dan Avijja sulit dibedakan. Arahat
menghancurkan kesombongan, kilesha, iri hati, melekat, kebodohan batin, benci,
pandangan salah ada, karma tidak ada, menganggap ada sebagai tidak ada, sesuatu
yang berdiri sendiri, tidak dapat hancur, pandang bahwa ritual ritual bisa jadi
sendiri, melekat terhadap pandangan tersebut.
Micca : salahditti : pandangan menganggap yang
ada sebagai tidak ada yang tidak ada sebagai ada pandangan ekstrim, bahwa keyakinan
terunggul, tahtabrata yang terunggul. Sakyaditti, pandangan ekstrim, michaditti
kekal selamanya ada, menyatu dengan Tuhan, kehidupan mendatang tak ada dan
pandangan esktrim. Vaddha: pandangan keraguan. Sottapanna: sudah tidak ada keraguan,
hilang keraguan terhadap Buddha, SamyaksamBuddha / samasambuddha, Buddha
tercerahkan, Samyak : usaha sendiri, lengkap sempurna. Nirvana Arahat dan
SamyaksamBuddha berbeda contoh : kilesha jika kilesha tidak muncul pun tapi
masih berbekas.
Arahat belum bebas dari jejak maka belum
melihat kemahatahuan, jika Buddha bisa membersihkan semua. Bagaimana bersihnya
MahaMaitri, Boddhicitta, Anatta: semua komponen alam tidak bisa berbentuk
sendiri, tidak berdiri sendiri, Boddhicitta ingin menolong semua makhluk.
SammasamBuddha: bisa mengajar karena paramitta lebih banyak belajar terus jadi
bisa mengajar dengan kencendurungan. Y.A Sariputta murid terunggul murid
utama vidya mengetahui sempurna pengetahuan tindak tanduknya sugatha : baik
pendengaran yang baik gatha : datang dan pergi. Sugatha telah
melaksanakan dengan baik.
Komentar
Posting Komentar