SATTI


Satti / smrti mengingat fokus, perhatian, merenungkan ariya mulya, triratna / tiga perlindungan Buddhanusatti, Bhagavant untuk orang orang tertentu Buddhanussati, Bhagavant untuk orang orang tertentu Bhaga: mengalahkan, Vant : kualitas disini adalah kesucian, Mara : kematian, kilesha, skhanda, & devaputra / roh-roh jahat / eksternal. Bhagavant : orang yang sudah mengalahkan 4 mara tersebut. Tathagata, Tahta : gitu deh Gatha : datang & pergi berarti tathagata berarti sudah pergi agata : telah tiba tahtagatha apa yang saya katakan tidak kurang / tidak lebih, apa yang saya katakan tidak kurang / tidak lebih. Apa yang saya katakan itulah yang sudah pasti benar menurut Buddha Sakyamuni.
Fenomena sebagaimana adanya kalau kita melihat sesuatu yang berdiri sendiri tapi jika dalam pandangan Sang Buddha tidak melihat sebagaimana adanya. Anicca : selalu berubah, tidak memuaskan, tidak bergantung. Anatta: saling bergantung, Tathagata: apapun yang saya katakan akan saya kerjakan, apa yang saya lakukan itulah yang saya kerjakan sudah selaras. Arahat : layak pantas, orang yang pantas dihormati.
Tatha: demikianlah / kebenaran tertinggi, karena sudah bebas dari samsara ari: menghancurkan, han: musuh à kilesha kebencian, serakah, kebodohan batin, avijja: ketidaktahuan, moha: sebenarnya sudah  tahu menurut YM. Penerangan Moha dan Avijja sulit dibedakan. Arahat menghancurkan kesombongan, kilesha, iri hati, melekat, kebodohan batin, benci, pandangan salah ada, karma tidak ada, menganggap ada sebagai tidak ada, sesuatu yang berdiri sendiri, tidak dapat hancur, pandang bahwa ritual ritual bisa jadi sendiri, melekat terhadap pandangan tersebut.
Micca : salahditti : pandangan menganggap yang ada sebagai tidak ada yang tidak ada sebagai ada pandangan ekstrim, bahwa keyakinan terunggul, tahtabrata yang terunggul. Sakyaditti, pandangan ekstrim, michaditti kekal selamanya ada, menyatu dengan Tuhan, kehidupan mendatang tak ada dan pandangan esktrim. Vaddha: pandangan keraguan. Sottapanna: sudah tidak ada keraguan, hilang keraguan terhadap Buddha, SamyaksamBuddha / samasambuddha, Buddha tercerahkan, Samyak  : usaha sendiri, lengkap sempurna. Nirvana Arahat dan SamyaksamBuddha berbeda contoh : kilesha jika kilesha tidak muncul pun tapi masih berbekas.
Arahat belum bebas dari jejak maka belum melihat kemahatahuan, jika Buddha bisa membersihkan semua. Bagaimana bersihnya MahaMaitri, Boddhicitta, Anatta: semua komponen alam tidak bisa berbentuk sendiri, tidak berdiri sendiri, Boddhicitta ingin menolong semua makhluk. SammasamBuddha: bisa mengajar karena paramitta lebih banyak belajar terus jadi bisa mengajar dengan kencendurungan. Y.A Sariputta murid terunggul  murid utama vidya mengetahui sempurna pengetahuan tindak tanduknya sugatha : baik pendengaran yang baik gatha  : datang dan pergi. Sugatha telah melaksanakan dengan baik.

Komentar

Postingan Populer