SHARING BY DAGPHO RINPOCHE


Kutipan ariyanagarjuna mendapatkan dari emas itu sangat berharga sekali, kalau seseorang memiliki bejana ini bisa dikatakan dengan bodoh sekali jika dikotori. Tapi jika untuk mencapai tujuan saat ini orang ini lebih bodoh lagi, dalam kelahiran saat ini jika kita mengejar untuk saat ini saja ini bukan tujuan berharga. Karena apapun yang ada didunia ini kita meninggal tidak membawa harta benda kita jadi jangan berharap membaawa harta benda, pasti kita akan meninggalkan harta benda kita jadi kita harusnya banyak berbuat baik. Jangan salah paham kalau kita tidak berbuat apapun tetapi tetap saja kita membutuhkan pekerjaan, tapi tidak ada gunanya untuk mengejar harta duniawi, jadi maksudnya kita bisa berbagi waktu. Jadi kalau kita mengungkit itu saja tapi kita harus mengembangkan kualitas batin kita, kalau kita lebih baik kita bisa menolong orang lain kualitas batin kita, kalau kita lebih baik kita bisa menolong orang lain kualitas ini masih rapuh dan goyah, bisa roboh / ambruk kapan saja bisa. Tapi kita harus mengembangkan diri kita lebih baik lagi terhadap diri sendiri, jadi kita harus bisa mengemabngkan kebajikan dan kualitas kita akan orang akan bisa lebih baik.
            Bisa menjadi lebih baik untuk semua orang baik, terkait bisa merubah diri kita menjadi lebih baik. Tidak mungkin jika merubah besoknya tapi kita harus bertahap pembuatannya bertahap untuk kesalahan kita bisa diatasi, kekuarangan semua contoh marah jika bisa dikurangi itu bisa membuat lebih baik seperti apa yang sebelum diuraikan seorang gampang marah kalau kita bisa jangan marah itu terlalu sulit secara bertahap misalkan mau marah / meledakan memukul sesuatu karena butuh untuk melampiaskan kemarahan dan mengeluarkan kata kata kasar bisa bertahap mengatasi berikutnya jangan dilontarkan bisa mengurangi secara bertahap untuk mengurangi kemarahan mengurangi kata kasar sampai bisa mengurangi masih marah tapi pelan pelan bisa mengatasi dari kasar hingga paling halus. Bisa kita atasi secara bertahap lebih halus sampai paling halus.
            Sampai kemarahan dikikis terus, kita harus benar benar mahir jangan sampai kurang mencoba perlahan kecepatan yang perlahan jika lari bisa kita jatuh. Tadi disebutkan mulai paling terlihat dulu apa kesalahan yang paling terlihat dalam lamrim, kesalahan yang paling kasar karena kemelekatan, jadi kita harus mengurangi kemelekatan tapi kalau kita terus melekat kita bisa saja jatuh ke alam rendah atau yang paling tinggi alam binatang di alam rendah. Kemelekatan pada saat ini paling terlihat pada diri kita saat ini bisa menjadi tahapan jalan utama. Jangan harap kita bisa dengan mudah untuk menghilangkan kemelekatan bahkan mungkin ada bisa menghilangkan kemelekatan, tapi pasti sebagian besar belum kita harus melepaskan kemelekatan saat ini sangat sulit dilepaskan mungkin hanya saat ini saja terkait aktivitas hari hari kita harus bekerja apa tujuan saya? Tentu saja berbuat untuk tujuan bisa ke tujuan berikutnya jangan saat ini saja. Apapun yang akan kita lakukan harus bisa ke kehidupan berikutnya, jadi jangan memikirkan kehidupan saat ini saja. Buddha memberikan ajaran pada saat itu apa saja yang diajarkan saat itu tergantung 3 motivasi motivasi awal, menengah, dan agung penjelasana menurut Ariya Atisha motivasi dibagi 3 pada bagian ariya asanga praktisi motivasi awal ini bisa ditemukan kecil mengejar kehidupan saat ini saja, awal sedang memikirkan saat ini dan akan datang, akan datang saja untuk awal tinggi.
            Motivasi awal yang besar melepaskan kehidupan saat ini untuk motivasi kecil, bersedia untuk mengikikis tindakan tidak bajik awal menengah jadi bisa melihat keduanya, awal besar jadi bertekad untuk membuat kebajikan lebih besar. Kita sudah melihat motivasi yang terbagi 3 bisa saja seperti guiding jadi harus menggunakan pemahaman bagi diri sendiri jika sudah kesana itu tidak terkait tapi apa yang belum kita bisa itu kan kata diri sendiri. Bukan hanya informasi tapi semua orang bisa menjadi baik lagi. Kalau kita tidak mengkaitkan berarti ada perbedaannya.
Bagi saya sendiri saya rasa bisa memastikan tidak ada yang masuk motivasi awal yang kecil terkati dengan kita masuk motivasi awal yang kecil terkait dengna kita masuk motivasi yang mana jika kita bisa memastikan motivasi awal / menengah / agung jadi bisa berkembang terus kapasitas, karena bisa membuat mengembangkan batin kita kapasitas berbeda setiap orang terkait dengan ini ibarat guru jika mengajarkan huruf secara bertahap dan kita bisa melihat tulisan huruf dan bisa bertahap dan kita bisa melihat tulisan huruf dan bisa bertahap semua bisa kita melihat metode yang berbeda, apapun kapasitas kita disini bisa liat dimulai ada tulisan dengna besar besar, mengecil, dan memberikan kata kata yang paling tajam dimulai dengan mudah dulu untuk para pemula baru bisa dengan sesuai kemampuannya.
Metode diajarkan secara bertahap ini instruksi lamrim inilah metode yang bisa kita lakukan disini bisa diajarkan, langsung sesuai kapasitas apapun kapasitasnya bisa menolongnya untuk maju lagi. Berikutnya kita senantiasa harus membuat motivasi bajik kita untuk mencapai tubuh yang lengkap dan sempurna itu bisa memenuhi untuk tujuan semua makhluk jika sudah haruslah diaktifkan jika belum kita harus aktifkan pemikiran untuk mencapai tubuh kita berharga ini sulit dan kita harus bisa mengajarkan lagi / membuat banyak kebajikan lagi. Kita senantiasa dengan teks, karena 4 kualitas lamrim kita harus bisa membuat semua untuk menolong semua makhluk, demi mencapai pembebasan jadi kita harus bisa menolong semua makhluk. Berkatian apakah mengenalkan sumber ajaran dimulai dari Buddha sampai dengan Guru Spiritual masing masing / Guru Silsilah bisa masuk ke guru spiritual kita, untuk menolong semua makhluk mencapai pembebasan jadi kita bisa bertumpu pada guru guru spiritual ini. Semua guru silsilah mulai dari Buddha sangat banyak guru silsilah lain.
Guru guru lamrim banyak sekali biografi apa yang tercakup mentalnya saat ini apa saja aktivitas beliau di Tibet tradisi yang sudah terbentuk minimal Guru Besar, Guru Besar ini mencapai / menyebutkan semua biografi Guru Besar beliau memberikan ajaran lamrim ini, bisa dikenalkan sama harus ada 4 biografi Guru Besar. Guru Atisha, Buddha. Itulah sedikit penjelasan singkat bagaimana ajaran lamrim sebenarnya, membahas semua motivasi yang di set utama baru masuk ke lamrim. Motivasi kecil ada 3 bagian kecil kecil orang ini hanya memikirkan saat ini saja, kalau menengah bisa memikirkan bagiamana setengah bajik setengah tidak, kecil besar bisa membuat kita untuk menolong semua orang yang bisa membuat kita untuk mencapai moral batin yang baik. Tapi itu baru awal itu tidak dianggap 2 kecil menengah dan kecil besar. Semua orang mendengar dan mendapatkan translasi itu benar tetapi juga berbeda karena sulit untuk membuat translate ini jadi belum tentu benar tetapi diusahakan sudah benar banyak jeda juga nanti akan pada saat ke depanya akan ada sesi meditasi tapi akan dibahas nanti.

Komentar

Postingan Populer