SHARING BY DAGPHO RINPOCHE
Kutipan ariyanagarjuna mendapatkan dari emas
itu sangat berharga sekali, kalau seseorang memiliki bejana ini bisa dikatakan
dengan bodoh sekali jika dikotori. Tapi jika untuk mencapai tujuan saat ini
orang ini lebih bodoh lagi, dalam kelahiran saat ini jika kita mengejar untuk
saat ini saja ini bukan tujuan berharga. Karena apapun yang ada didunia ini
kita meninggal tidak membawa harta benda kita jadi jangan berharap membaawa
harta benda, pasti kita akan meninggalkan harta benda kita jadi kita harusnya
banyak berbuat baik. Jangan salah paham kalau kita tidak berbuat apapun tetapi
tetap saja kita membutuhkan pekerjaan, tapi tidak ada gunanya untuk mengejar
harta duniawi, jadi maksudnya kita bisa berbagi waktu. Jadi kalau kita
mengungkit itu saja tapi kita harus mengembangkan kualitas batin kita, kalau
kita lebih baik kita bisa menolong orang lain kualitas batin kita, kalau kita
lebih baik kita bisa menolong orang lain kualitas ini masih rapuh dan goyah,
bisa roboh / ambruk kapan saja bisa. Tapi kita harus mengembangkan diri kita
lebih baik lagi terhadap diri sendiri, jadi kita harus bisa mengemabngkan
kebajikan dan kualitas kita akan orang akan bisa lebih baik.
Bisa
menjadi lebih baik untuk semua orang baik, terkait bisa merubah diri kita
menjadi lebih baik. Tidak mungkin jika merubah besoknya tapi kita harus
bertahap pembuatannya bertahap untuk kesalahan kita bisa diatasi, kekuarangan
semua contoh marah jika bisa dikurangi itu bisa membuat lebih baik seperti apa
yang sebelum diuraikan seorang gampang marah kalau kita bisa jangan marah itu
terlalu sulit secara bertahap misalkan mau marah / meledakan memukul sesuatu karena
butuh untuk melampiaskan kemarahan dan mengeluarkan kata kata kasar bisa
bertahap mengatasi berikutnya jangan dilontarkan bisa mengurangi secara
bertahap untuk mengurangi kemarahan mengurangi kata kasar sampai bisa
mengurangi masih marah tapi pelan pelan bisa mengatasi dari kasar hingga paling
halus. Bisa kita atasi secara bertahap lebih halus sampai paling halus.
Sampai
kemarahan dikikis terus, kita harus benar benar mahir jangan sampai kurang
mencoba perlahan kecepatan yang perlahan jika lari bisa kita jatuh. Tadi
disebutkan mulai paling terlihat dulu apa kesalahan yang paling terlihat dalam
lamrim, kesalahan yang paling kasar karena kemelekatan, jadi kita harus
mengurangi kemelekatan tapi kalau kita terus melekat kita bisa saja jatuh ke alam
rendah atau yang paling tinggi alam binatang di alam rendah. Kemelekatan pada
saat ini paling terlihat pada diri kita saat ini bisa menjadi tahapan jalan
utama. Jangan harap kita bisa dengan mudah untuk menghilangkan kemelekatan
bahkan mungkin ada bisa menghilangkan kemelekatan, tapi pasti sebagian besar
belum kita harus melepaskan kemelekatan saat ini sangat sulit dilepaskan
mungkin hanya saat ini saja terkait aktivitas hari hari kita harus bekerja apa
tujuan saya? Tentu saja berbuat untuk tujuan bisa ke tujuan berikutnya jangan
saat ini saja. Apapun yang akan kita lakukan harus bisa ke kehidupan
berikutnya, jadi jangan memikirkan kehidupan saat ini saja. Buddha memberikan
ajaran pada saat itu apa saja yang diajarkan saat itu tergantung 3 motivasi
motivasi awal, menengah, dan agung penjelasana menurut Ariya Atisha motivasi
dibagi 3 pada bagian ariya asanga praktisi motivasi awal ini bisa ditemukan
kecil mengejar kehidupan saat ini saja, awal sedang memikirkan saat ini dan
akan datang, akan datang saja untuk awal tinggi.
Motivasi
awal yang besar melepaskan kehidupan saat ini untuk motivasi kecil, bersedia
untuk mengikikis tindakan tidak bajik awal menengah jadi bisa melihat keduanya,
awal besar jadi bertekad untuk membuat kebajikan lebih besar. Kita sudah
melihat motivasi yang terbagi 3 bisa saja seperti guiding jadi harus
menggunakan pemahaman bagi diri sendiri jika sudah kesana itu tidak terkait
tapi apa yang belum kita bisa itu kan kata diri sendiri. Bukan hanya informasi
tapi semua orang bisa menjadi baik lagi. Kalau kita tidak mengkaitkan berarti
ada perbedaannya.
Bagi saya sendiri saya rasa bisa memastikan
tidak ada yang masuk motivasi awal yang kecil terkati dengan kita masuk
motivasi awal yang kecil terkait dengna kita masuk motivasi yang mana jika kita
bisa memastikan motivasi awal / menengah / agung jadi bisa berkembang terus
kapasitas, karena bisa membuat mengembangkan batin kita kapasitas berbeda
setiap orang terkait dengan ini ibarat guru jika mengajarkan huruf secara
bertahap dan kita bisa melihat tulisan huruf dan bisa bertahap dan kita bisa
melihat tulisan huruf dan bisa bertahap semua bisa kita melihat metode yang
berbeda, apapun kapasitas kita disini bisa liat dimulai ada tulisan dengna
besar besar, mengecil, dan memberikan kata kata yang paling tajam dimulai
dengan mudah dulu untuk para pemula baru bisa dengan sesuai kemampuannya.
Metode diajarkan secara bertahap ini instruksi lamrim inilah metode yang
bisa kita lakukan disini bisa diajarkan, langsung sesuai kapasitas apapun kapasitasnya
bisa menolongnya untuk maju lagi. Berikutnya kita senantiasa harus membuat
motivasi bajik kita untuk mencapai tubuh yang lengkap dan sempurna itu bisa
memenuhi untuk tujuan semua makhluk jika sudah haruslah diaktifkan jika belum
kita harus aktifkan pemikiran untuk mencapai tubuh kita berharga ini sulit dan
kita harus bisa mengajarkan lagi / membuat banyak kebajikan lagi. Kita
senantiasa dengan teks, karena 4 kualitas lamrim kita harus bisa membuat semua
untuk menolong semua makhluk, demi mencapai pembebasan jadi kita harus bisa
menolong semua makhluk. Berkatian apakah mengenalkan sumber ajaran dimulai dari
Buddha sampai dengan Guru Spiritual masing masing / Guru Silsilah bisa masuk ke
guru spiritual kita, untuk menolong semua makhluk mencapai pembebasan jadi kita
bisa bertumpu pada guru guru spiritual ini. Semua guru silsilah mulai dari
Buddha sangat banyak guru silsilah lain.
Guru guru lamrim banyak sekali biografi apa yang tercakup mentalnya saat
ini apa saja aktivitas beliau di Tibet tradisi yang sudah terbentuk minimal
Guru Besar, Guru Besar ini mencapai / menyebutkan semua biografi Guru Besar
beliau memberikan ajaran lamrim ini, bisa dikenalkan sama harus ada 4 biografi
Guru Besar. Guru Atisha, Buddha. Itulah sedikit penjelasan singkat bagaimana
ajaran lamrim sebenarnya, membahas semua motivasi yang di set utama baru masuk
ke lamrim. Motivasi kecil ada 3 bagian kecil kecil orang ini hanya memikirkan
saat ini saja, kalau menengah bisa memikirkan bagiamana setengah bajik setengah
tidak, kecil besar bisa membuat kita untuk menolong semua orang yang bisa
membuat kita untuk mencapai moral batin yang baik. Tapi itu baru awal itu tidak
dianggap 2 kecil menengah dan kecil besar. Semua orang mendengar dan
mendapatkan translasi itu benar tetapi juga berbeda karena sulit untuk membuat
translate ini jadi belum tentu benar tetapi diusahakan sudah benar banyak jeda
juga nanti akan pada saat ke depanya akan ada sesi meditasi tapi akan dibahas
nanti.
Komentar
Posting Komentar