6 PRAKTIK PENDAHULUAN BY KO CHARLES

             Sebenarnya kalau dalam teaching umum, pada Buddha Dhamma & Sangha aku berlindung 6 praktik pendahuluan, ini selalu digunakan. Persiapkan ruangan offering batin doa puja tadi itu praktik pertama, kedua tidak ada kenapa bangkitkan bodhicitta itu motivasi kalau tidak diarahkan, tetap berbuah kebajikan tapi acak mengundang ladang kebajikan memberkahi bumi & persembahan, sampai mengundang lalu doa tujuh bagian berserta persembahan mandala, ini praktik penting diawal & akhir beberapa orang mengabaikan 7 doa bagian tiada yang bisa mengungguli doa 7 bagian, bahkan dalam mantra yang ini sangat penting sekali, kalau kita lihat doa 7 bagian ini ada beberapa versi minimal ada 4 versi guru ganden lha gyama, urutan sedikit berbeda memohon tetap tinggal doa tujuh bagian versi singkat puja Ema Tara, 6 praktik pendahuluan doa 7 bagian ini sangat dipentingkan tetap dimasukan objek utamanya berbeda dengan sosok utama.

            Realisasi yang unggul, bisa menghapus penghalang penghalang itu himpunan besar kebajikan bagaikan buah yang matang, ibarat bibit yang tidak disiram. Jika tidak membaca doa 7 bagian, ini upaya rngkas padat & lengkap ini praktik menghapus penghalang juga membuat kebajikan, tidak bisa dihapus tapi kalau lebih panjang boleh dibaca kenapa baik untuk versi panjang, kalau tidak dikejar waktu itu lebih baik diperpanjang bisa dengan melodi tapi kalau masih banyak aktivitas, ya tiada masalah lebih cepat ada beberapa versi doa 7 bagian tapi itu tetap ada, tidak bisa diskip supaya benar benar dapat manfaat kalau difullkan tidak bisa remehkan praktik ini, 100.000 namaskara memang besar tapi itu kalau tanpa 7 doa bagian kurang pas, karena ada pengakuan juga penghormatan kalau tanpa ada doa 7 bagian kurang pas.

            Ada 3 bentuk ucapan tubuh & batin, jika ada mencerap 1 butir beras semua buddha benar benar ada, dalam teori melakukan penghormatan. Itu ada namaskara pendek pada umumnya Theravada, Mahayana chinesse namaskara panjang sutta barisan tangkai seluruh tubuh kita menyentuh tanah, itu merentangkan badan yang panjang semakin lebar badan kita kalau semakin luas sapuan itu, makin besar kebajikan itu cara melakukan penghoramtan ini tradisi kita tidak terlalu rapatkan tangan, ibarat memegang sebuah permata itu ke kepala mendapatkan usnisha kedua dialis, dapat rambut artha kalau menuju tenggorokan kualitas ucapan buddha lalu ke hati, supaya dapat batin buddha kalau namaskar aitu harus benar benar lurus tangan & kaki harus menyentuh tanah, kalau bangkit supaya cepat didalm samsara hindari kecendrungan berhenti, langsung bangkit supaya tidak lahir disamsara / alam rendah harus segera bangkit, kalau namaskara 3x naiknya membungkuk supaya lebih cepat.

            Itu berdiri tegap lagi, sebelum memulai berikutnya harus dengan sikap yang benar tidak harus dalam jumlah namaskara, harus batin & fisik tepat. Harus ada benar benar objek didepan kita, jadi namaskar aitu tidak harus selalu banyak namaskara tapi bisa dengan penuh keyakinan kenapa harus melakukan penghormatan, kita harus bernamaskara pada guru yang mengajar itu menghancurkan kesombongan kita, itu barus bisa belaajr juga melawan kesombongan ketika kita sombong, tidak bisa dapat kualitas kualitas batin dimana kesombongan akan bisa mengalahkan, kebetulan seorang youtuber ini adalah ilmu alam fisikawan tulen, lalu youtuber ini berhasil memenangkan hipotesis dapat 2.000 dollar pendapat dia sebelumnya benar, kalau sehari hari melihat hal hal yang baik kita bisa menerima sesuatu hanya dengan membuka diri, kalau arsitek lebih dipercaya karena kredibilitas.

            Tapi bagaimana sikap kita pada apa yang diucapkan, kepada guru yang menagajar harus mengatasi kesombongan hati kita, mulai bisa pertimbangkan pendapat orang lain kalau sombong itu dibaratkan, cangkir yang penuh. Ada pertanda yang kurang baik ketika bernamaskara harus menyentuh tanah / alas duduk, kalau tidak dapat membungkuk jadi harus tetap berdiri saja, mempersembahkan ada 7 / 8 ada yang satu set isi 5 ada 8 permata tapi yang umum 7 mangkuk persembahan, air bunga dupa wewangian makanan lalu suara keong juga membayangkan mangkuk air, dalam 7 persembahan air itu ada 8 kualitas yang baik sejuk ringan air itu sangat vital, terutama air bersih meskipun mudah tapi air itu sesungguhnya vital membantu tubuh kita, air ada 8 kualitas yang sangat baik dipersembahkan merupakan representasi kualitas kualitas, lalu bunga merenungkan dupa keharuman.

            Cahaya pelita lambang kebijaksanaan, dupa itu persembahan asap & wangi konsentrasi dari makanan pujian merdu, berwujud simbol wewangian itu menciptakan keharuman buddha tidak butuh makanan & minuman, itu murni kenapa harus dipersembahkan tapi yang dipersembahkan, kebajikan kita. Lalu ada objek tadi itu persembahan kebajikan kita, itu yang sesungguhnya kita lepaskan tidak perlu berubah pada saya demi kepentingan semua makhluk, yang kita relakan itu kebajikan yang dimiliki misalkan gaji 2.500.000 butuh 20.000 untuk lepaskan, makanan bunga dll kebajikan yang kita kumpulkan itu direlakan, bukan untuk diri sedniri semoga ini bisa jadi modal saya untuk menolong semua makhluk, kadang kita ke mall dietalase ada barang bagus saya persembahkan pada buddha, bila suatu hari nanti kebajikan ini akan dipersembahkan pada buddha dhamma & sangha, agar bisa bebaskan diri kita juga semua makhluk.

            Seluruh kebajikan itu dipersembahkan pada, para buddha yang penting dingat motivasi mau return yang mana, seperti minggu lalu. Ada return yang lebih tinggi kok tidak mau buddha tidak pernah melarang kita, bukan boleh / tidak boleh tapi lebih manfaat yang mana kita membayangkan, seperti penghormatan buddha banyak pemberi penerima banyak ini kehidupan saya dimasa lampau, persembahkan kebajikan ini pada objek yang tidak terhingga demi kepentingan semua makhluk, persembahan mandala itu mempersembahkan yang baik seperti gajah, 4 benua gunung panen gajah banteng juga lingkaran kerajaan matahari bulan isi semesta, ini saya persembahkan pada buddha seperti kita memberikan kepada manajemen investasi, supaya dapat lebih banyak lagi dipucuk mandala persembahkan kilesha kita, oh buddha inilah saya selain persembahkan yang terbaik tapi saya juga persembahkan untuk buddha.

            Dengan tujuan bisa menghapus kilesha, demi menolong semua makhluk yang lengkap seutuhnya itu dipersembahkan untuk dalam mandala, kenapa persembahkan keburukan kita tidak tutupi apapun, udah abis kemalasan. Jadi tinggal yang bajik saja jangan ragu persembahkan dipucuk mandala tadi, ada 2 cara memiringkan ke depan untuk hapus penghalang kalau ke belakang kita terima kebajikan, pengakuan kenapa praktik yang kalau tidak mengakui kekurangan, ini sangat bahaya / hal lainnya tidak mengakui kekurangan apa yang bisa diperbaiki, ada banyak kemalasan gimana saya akan berubah kalau itu semua normal apa yang ingin diperbaiki, kita harus mengakui kesalahan kesalahan kita mencoba mengaku salah itu lebih baik, saya dengan pasangan dibuat meme cowo harus meminta maaf ada juga saya tiada salah.

            Lebih baik saya mengalah, saya tidak salah seenggaknya lebih baik walau tidak tepat kenapa sepertinya minta maaf, kita lebih baik dari awal samsara. Saya sudah pasti banyak berbuat salah apalagi dikehidupan lampau, saya pasti ada kesalahan saya sangat mungkin sudah melakukan kesalahan membunuh orang tua, pernah berbohong ucapan tiada yang baik penyesalan pengakuan kesalahan, kalau kita tiada menyesali kesealahan tapi jika tiada rasa sesal terhadap kesalahan, itu kurang baik sorry aja saya tiada merasa salah bahkan merasa tidak bersalah melalu penyesalan, bisa mengakui untuk dalam berbuat hal bajik menangkal kesalahan kekuatan tekad kita, mulai berfikir hal buruk tidak ingin mengulangi lagi kalau ada 4 itu masih kurang pas, untuk purifikasi tidak lakukan lagi.

            Kekuatan penawar melafalkan sutta, kembangkan keyakinan sutta produksi gambar buddha melafalkan nama buddha, misalnya ada buat sifat buruk pada teman. Saya tidak akan mengulangi lagi, saya belikan kopi / makanan biar dia senang karena melakukan kesalahan karma hitam ini perlu ditangkal karma putih, misal telah membunuh fangshen segala jenis kebajikan apapun tiada masalah, saya membuat penawar untuk awal mula samsara sama hal dia meminta maaf dengan tepat, kalau belum tahu salahmu akan lebih baik lagi bisa makin jelas lagi dengan berdasar pada, itu bisa menawarkan hal hal buruk ada 2 kemungkinan berlindung pada triratna /  buddha, sama dengan sebelumnya membayangkan kehidupan yang berlipat lipat mereka tergerak hatinya, mengakui kesalahan itu bisa lipat gandakan ikut bersuka cita itu dapat hal yang lebih lagi semoga semua berbahagia sadhu sadhu sadhu.

Komentar

Postingan Populer