PEMBEBASAN DI TANGAN KITA JILID 1
Kyabjephabongka
Rhinpoche mencatat semua cerita dihadiri 700 orang selama 24 hari agak sulit
jika diulang kembali di Tibet, Beliau juga meminjam catatan semua baru dicetak
kembali dan lengkap cerita ini pada thn 1998 memperbaiki motivasi mendengarkan
dhamma tidak boleh lewat begitu saja Dhamma selalu diawal dengan 3 motivasi
awal, motivasi menengah dan motivasi agung. Motivasi awal bebas dari 3 alam
rendah.
Motivasi Menengah
bebas dari alam samsara serta Motivasi Agung mencapai ke-Buddha-an, hidup kita
untuk apa. Apa makna hidup ini? Apa untuk cari kebahagiaan saja semua
kesenangan panca indera ketidaknyamanan makan butuh uang semua butuh uang itu
kita dapatkan untuk kerja kalau memenuhi kepentingan kita semua. Uang
seluruhnya bisa dibutuhkan untuk berdana / apa hanya untuk menyenangkan panca
indera. Kita harus pikirkan kehidupan mendatang kita membawa apa? Bawa batin
kesenangan kesenangan itu kehidupan mendatang batinnya ingin lagi semua
membutuhkan hal yang sama jika beruntung kalau tidak memiliki karma baik, kalau
tenang bisa di alam rendah sehari hari melekat tidak itu motivasi awal untuk
tidak jatuh ke alam rendah.
Walaupun sudah
berhasil tidak jatuh ke alam rendah tapi kehidupan mendatang bisa menjamin lalu
kehidupan selanjutnya bagaimana? Nah kita harus bisa keluar dari alam samsara,
ini nah kita lanjut ke motivasi menengah lalu motivasi ketiga saya terjebak dan
menderita selain saya, orang lain, semua sama keluarga, teman teman, semua sama
tapi kita beruntung karena bertemu jalan pembebasan semua makhluk harus
ditolong supaya mereka bebas yang tertinggi motivasi ketiga karma baik itu juga
tidak terhingga, motivasi ketiga yang diprioritaskan: mau bebas dari samsara
apa yang harus dipelajari membebaskan kita semua dari samsara. Guru dan Murid
Buddha Sakyamuni sendiri sudah mencapai terbukti banyak Guru sudah mencapai
kita tidak bisa bilang jika ada yang belum mencapai tetapi memang ada yang
belum seperti kita nah maka itu kita harus yakin bahwa bisa mencapai ini semua.
Buddha dan murid
muridnya sudah bebas dari samsara, Buddha mengajar 45 tahun sudah
ditranskripkan bukunya menjadi 3 jilid buku sebanyak 24 hari tidak semua di
transkrip banyak juga yang tidak tercatat di ingat dan di tulis tidak di
kelompokkan secara sistematis mereka harus menghafal nomor nomor sutta dari 1 –
seluruh faktor lainnya (Anggutara Nikaya). 84.000di buat komentar untuk
mempermudah kita membaca, Heart Sutra itu versi panjangnya ada makna tersurat
kesunyataan transmisi diberikan ke Boddhisattva Manjushri Boddhicitta dipegang
oleh Boddhisattva Maiterya yaitu Sutta Prajnaparamitta ada 2 silsilah
Boddhisattva Manjushri dan Boddhisattva Maiterya. Y.A Attisha adalah
seorang pangeran dari Bengal lalu, Beliau belajar Tantra tetapi Beliau mesti
pura pura gila agar bisa di buang dari kerajaan.
Jadi Bhikkhu di Nalanda Beliau Y.M. Attisha
Beliau belajar cara mempercepat untuk pencerahan, kamu harus belajar
Boddhicitta mencari informasi kalau mau Boddhicitta bagaimana lalu sampai ke
Suvarnadvipa Dhammakirti Beliau pulang ke Sumatera waktu itu Sriwijaya memegang
teguh ajaran Buddha dan melakukan pelayaran selama 13 bulan Y.A. Attisha kenapa
13 bulan? Karena memakai kapal layar lalu Beliau ke Sriwijaya belajar selama 12
tahun Beliau kembali ke India cara belajarnya sudah berbeda lalu Beliau ke
Wikramasila Beliau melakukan 3 debat dengan agama lain sekitar abad ke 8 / 9
sekitar thn 800 an.
Beliau di undang
ke vihara pertama karena Bhikkhu disana diisengin oleh makhluk halus, makhluk
halus tersebut ditaklukan oleh Padmasambhawa tapi setelah beberapa ratus tahun
berlalu ajarannya merosot mereka bingung ajarannya yang benar yang mana kalau
benar benar ingin ajaran yang benar mereka harus mengundang Guru Guru yang benar
Y.A Attisha yang mengundang itu harus mengerti bahasa sansekerta lalu salah seorang
dari Tibet datang ke India untuk meminta Y.M. Attisha ke Tibet itu tidak mudah
harus nyamar nyamar kalau ketemu sama Guru mengundangnya juga harus membawa
emas.
Guru Attisha,
Beliau ke Tibet Beliau tidak meminta ajaran yang tinggi saya memohon padamu
sebab instruksi dengan karma mudah untuk dipraktikanlengkap orang Tibet butuh
ajaran yang mudah dan dimengerti lalu. Beliau memberikan lintasan sang jalan
mengirim teks tersebut orang India kagum karena Beliau menyusun teks tersebut
tidak perlu diajarkan detail karena mudah dimengerti bagi orang India sekitar 3
halaman folio. Beliau mengajarkan teks tersebut ada 3 silsilah lamrim silsilah
tekstual silsilah instruksi lisan ketika Guru Attisha datang ke sana membuat
sekte kadampa pertama Nyimapa, Milarepa, Kagyu, Sakyapa perumah tangga. Attisha
Kadampa orang Kadampa ini makin banyak Guru hebatnya semua pelajarannya hebat
setelah 300 thn terjadi kebingungan lagi orang mulai bertanya tanya tentang
meditasi dan sunyata.
Kemerosotan ini
ada satu Bhikkhu bernama Jeshongkappa, Beliau menerima 3 silsilah Beliau belajar
dari Sakyapa dan Kagyu dibuat komentar lagi semuanya lalu dibuat menjadi 3
Jilid besar semua lengkap dan sistematis dari awal menengah dan akhir semua ada
lagi koreksi di 3 buku tersebut murid murid Jeshongkapa dibuat Gelugpa lamrim
untuk jalan bertahap ada kesalahpahaman Guru Attisha dan Jeshongkapa semua
disusun ulang alurnya ini bersumber tetap dari Sang Buddha, Lamrimpa ada juga
lamrim singkat baris baris pengalaman semua diajarkan menjadi bait bait
bagaimana caranya mengikuti sistematis Jeshongkhappa? Ada juga ajaran intisari
emas instruksi lisan Manjunghosa sebanyak 1 jilid ada 8 ( 3 Jeshongkappa) (5
dari Guru Besar) 8 teks lamrim utama Phabongkha Rhinpoche sudah mempelajari
semua.
Beliau mengajar
24 hari ada quickpart lalu terjadilah buku Liberation In Our Hand sekarang, ini
adalah sumber inti ajaran Lamrim dibagi 4 Bab di pakai tradisi wikramasila
sumber ajaran menerangkan kemurnian Guru gurunya semua harus dijelaskan seluruh
Guru jika mau tapi cari sendiri karena terlalu banyak selesaikan sumber ajaran
dibawah Jeshongkapa ada beberapa Guru lain. Biografi Jeshongkappa juga banyak
bukunya.
Sangat tebal ada
1 orang anak memoersembahkan keong ke Buddha, Beliau akan lahir menjadi
Jeshongkappa suruh dikubur di Tibet ketika Jeshongkappa sekitar 1.000 tahun
keongnya itu disimpan di Biara Gandhen waktu invansi pindah tempat dan akhirnya
dipajang lagi sekarang. Sebelum Jeshongkappa lahir itu banyak pertandanya sudah
selesai sumber ajaran ini benar ajaran Sang Buddha silsilahnya jelas terbukti
mencapai realisasi semua Gurunya Jeshongkappa memiliki beberapa murid
semua dituliskan di Biara Gandhen Sera dan Lhengpu lalu menjadi vihara Dhagpo
sekarang yang khusus ajaran lamrim.
Wikramasila ada
5 teks besar yang harus dipelajari setelah itu meditasi Biara Dagpho
menghabiskan ½ tahun sampai 1 tahun seluruhnya baru selesai, Biara Dagpho biara
lamrim silsilah tertentu biara Dagpho sampai suatu Guru Dagpho Rhinpoche Beliau
mengajarkan seluruh ajaran sampai pencerahan dan turun ke Phabongka Rhinpoche
sampai sekarang ajaran ini ke sini suatu ajaran di ajarkan dari Sakyamuni
Buddha bahkan sampai Boddhicitta Guru Attisha mengajar benar benar secara murni
sampai Liberation In Our Hand ajaran yang jelas fungsinya berniat belajar semua
sudah jelas dilakukan nantinya membangkitkan keyakinan kita. Y.A Attisha semua
dipadatkan ajarannya seluruhnya yang di ajarkan oleh Sang Buddha.
Komentar
Posting Komentar