SHARING BY DAGPHO RINPHOCE
Kutipan ariyanagarjuna mendapatkan dari emas
itu sangat berharga sekali, kalau seseorang memiliki bejana ini bisa dikatakan
dengan bodoh sekali jika dikotori. Tapi jika untuk mencapai tujuan saat ini
orang ini lebih bodoh lagi, dalam kelahiran saat ini jika kita mengejar untuk
saat ini saja ini bukan tujuan berharga. Karena apapun yang ada didunia ini
kita meninggal tidak membawa harta benda kita jadi jangan berharap membaawa
harta benda, pasti kita akan meninggalkan harta benda kita jadi kita harusnya
banyak berbuat baik. Jangan salah paham kalau kita tidak berbuat apapun tetapi
tetap saja kita membutuhkan pekerjaan, tapi tidak ada gunanya untuk mengejar
harta duniawi, jadi maksudnya kita bisa berbagi waktu.
Jadi kalau kita mengungkit itu saja tapi kita
harus mengembangkan kualitas batin kita, kalau kita lebih baik kita bisa
menolong orang lain kualitas batin kita, kalau kita lebih baik kita bisa menolong
orang lain kualitas ini masih rapuh dan goyah, bisa roboh / ambruk kapan saja
bisa. Tapi kita harus mengembangkan diri kita lebih baik lagi terhadap diri
sendiri, jadi kita harus bisa mengemabngkan kebajikan dan kualitas kita akan
orang akan bisa lebih baik.
Bisa menjadi lebih baik untuk semua orang baik,
terkait bisa merubah diri kita menjadi lebih baik. Tidak mungkin jika merubah
besoknya tapi kita harus bertahap pembuatannya bertahap untuk kesalahan kita
bisa diatasi, kekuarangan semua contoh marah jika bisa dikurangi itu bisa
membuat lebih baik seperti apa yang sebelum diuraikan seorang gampang marah
kalau kita bisa jangan marah itu terlalu sulit secara bertahap misalkan mau
marah / meledakan memukul sesuatu karena butuh untuk melampiaskan kemarahan dan
mengeluarkan kata kata kasar bisa bertahap mengatasi berikutnya jangan
dilontarkan bisa mengurangi secara bertahap untuk mengurangi kemarahan mengurangi
kata kasar sampai bisa mengurangi masih marah tapi pelan pelan bisa mengatasi
dari kasar hingga paling halus. Bisa kita atasi secara bertahap lebih halus
sampai paling halus.
Sampai kemarahan dikikis terus, kita harus
benar benar mahir jangan sampai kurang mencoba perlahan kecepatan yang perlahan
jika lari bisa kita jatuh. Tadi disebutkan mulai paling terlihat dulu apa
kesalahan yang paling terlihat dalam lamrim, kesalahan yang paling kasar karena
kemelekatan, jadi kita harus mengurangi kemelekatan tapi kalau kita terus melekat
kita bisa saja jatuh ke alam rendah atau yang paling tinggi alam binatang di alam
rendah. Kemelekatan pada saat ini paling terlihat pada diri kita saat ini bisa
menjadi tahapan jalan utama. Jangan harap kita bisa dengan mudah untuk
menghilangkan kemelekatan bahkan mungkin ada bisa menghilangkan kemelekatan,
tapi pasti sebagian besar belum kita harus melepaskan kemelekatan saat ini
sangat sulit dilepaskan mungkin hanya saat ini saja terkait aktivitas hari hari
kita harus bekerja apa tujuan saya? Tentu saja berbuat untuk tujuan bisa ke
tujuan berikutnya jangan saat ini saja.
Apapun yang akan kita lakukan harus bisa ke
kehidupan berikutnya, jadi jangan memikirkan kehidupan saat ini saja. Buddha
memberikan ajaran pada saat itu apa saja yang diajarkan saat itu tergantung 3 motivasi
motivasi awal, menengah, dan agung penjelasana menurut Ariya Atisha motivasi
dibagi 3 pada bagian ariya asanga praktisi motivasi awal ini bisa ditemukan
kecil mengejar kehidupan saat ini saja, awal sedang memikirkan saat ini dan akan
datang, akan datang saja untuk awal tinggi.
Motivasi awal yang besar melepaskan kehidupan
saat ini untuk motivasi kecil, bersedia untuk mengikikis tindakan tidak bajik
awal menengah jadi bisa melihat keduanya, awal besar jadi bertekad untuk
membuat kebajikan lebih besar. Kita sudah melihat motivasi yang terbagi 3 bisa
saja seperti guiding jadi harus menggunakan pemahaman bagi diri sendiri jika
sudah kesana itu tidak terkait tapi apa yang belum kita bisa itu kan kata diri
sendiri. Bukan hanya informasi tapi semua orang bisa menjadi baik lagi. Kalau
kita tidak mengkaitkan berarti ada perbedaannya.
Bagi saya sendiri saya rasa bisa memastikan
tidak ada yang masuk motivasi awal yang kecil terkait dengan kita masuk
motivasi awal yang kecil terkait dengna kita masuk motivasi yang mana jika kita
bisa memastikan motivasi awal / menengah / agung jadi bisa berkembang terus
kapasitas, karena bisa membuat mengembangkan batin kita kapasitas berbeda
setiap orang terkait dengan ini ibarat guru jika mengajarkan huruf secara
bertahap dan kita bisa melihat tulisan huruf dan bisa bertahap dan kita bisa melihat
tulisan huruf dan bisa bertahap semua bisa kita melihat metode yang berbeda,
apapun kapasitas kita disini bisa liat dimulai ada tulisan dengna besar besar,
mengecil, dan memberikan kata kata yang paling tajam dimulai dengan mudah dulu
untuk para pemula baru bisa dengan sesuai kemampuannya.
Metode diajarkan secara bertahap ini instruksi
lamrim inilah metode yang bisa kita lakukan disini bisa diajarkan, langsung
sesuai kapasitas apapun kapasitasnya bisa menolongnya untuk maju lagi.
Berikutnya kita senantiasa harus membuat motivasi bajik kita untuk mencapai
tubuh yang lengkap dan sempurna itu bisa memenuhi untuk tujuan semua makhluk
jika sudah haruslah diaktifkan jika belum kita harus aktifkan pemikiran untuk
mencapai tubuh kita berharga ini sulit dan kita harus bisa mengajarkan lagi /
membuat banyak kebajikan lagi. Kita senantiasa dengan teks, karena 4 kualitas
lamrim kita harus bisa membuat semua untuk menolong semua makhluk, demi
mencapai pembebasan jadi kita harus bisa menolong semua makhluk.
Berkatian apakah mengenalkan sumber ajaran
dimulai dari Buddha sampai dengan Guru Spiritual masing masing / Guru Silsilah
bisa masuk ke guru spiritual kita, untuk menolong semua makhluk mencapai pembebasan
jadi kita bisa bertumpu pada guru guru spiritual ini. Semua guru silsilah mulai
dari Buddha sangat banyak guru silsilah lain.Guru guru lamrim banyak sekali
biografi apa yang tercakup mentalnya saat ini apa saja aktivitas beliau di Tibet
tradisi yang sudah terbentuk minimal Guru Besar, Guru Besar ini mencapai / menyebutkan
semua biografi Guru Besar beliau memberikan ajaran lamrim ini, bisa dikenalkan
sama harus ada 4 biografi Guru Besar. Guru Atisha, Buddha.
Itulah sedikit penjelasan singkat bagaimana
ajaran lamrim sebenarnya, membahas semua motivasi yang di set utama baru masuk
ke lamrim. Motivasi kecil ada 3 bagian kecil kecil orang ini hanya memikirkan
saat ini saja, kalau menengah bisa memikirkan bagiamana setengah bajik setengah
tidak, kecil besar bisa membuat kita untuk menolong semua orang yang bisa
membuat kita untuk mencapai moral batin yang baik. Tapi itu baru awal itu tidak
dianggap 2 kecil menengah dan kecil besar. Semua orang mendengar dan mendapatkan
translasi itu benar tetapi juga berbeda karena sulit untuk membuat translate
ini jadi belum tentu benar tetapi diusahakan sudah benar banyak jeda juga nanti
akan pada saat ke depanya akan ada sesi meditasi tapi akan dibahas nanti.
Komentar
Posting Komentar