HOW TO GET ALONG WITH PEOPLE HINTS FROM BUDDHISM BY BHANTE SHRAVASTI

 Hari ini bhante akan membabarkan dhamma ajaran yang berupa praktik, sehari hari bhante menyebutkan bahwa, kita memiliki komunitas yang saling tidak suka satu sama lain tidak peduli, komunitasnya apa. Saat pertama bergabung semua orang teman dulu lalu bisa jadi musuh, tidak berarti grup buddhist aman tapi sama saja dengan grup lainnya ada sutta yang menyebutkan seorang raja bertanya kepada buddha, dengan rasa emosi pertanyaan adalah buddha, kenapa kita ingin hidup damai malah terjadi konflik? Baik itu rumah tangga dengan tetangga & hal lain, konflik itu memang alami saja karena semua bisa terjadi nanti bhante akan menjelaskan lagi lebih detail, disaat lain seorang brahma bertanya kepada buddha kenapa dirumah tangga jadi konflik juga, jadi jawaban dari buddha pasangan rumah tangga ada nafsu keinginan, nafsu, & nafsu yang bersifat indria kemudian brahma pertanyaan kedua mengapa para bhikkhu juga sama? Disebabkan, keinginan mereka hawa nafsu mereka yang melekat pada pandangan.

Masing masing itu terjadi pada 2.500 tahun, bukan seorang bhikkhu pun bisa melakukan pertengkaran, bukan hanya politk. Tapi juga pada agama juga sama bahkan sekarang ini pada bhikkhu bukan hanya agama saja, hak untuk mengurus sebuah vihara ada 2 contoh soal hal ini seorang umat datang ke bhante, warisan tidak adil antara satu dengan lainnya apa yang terjadi, keempat anak ini dalam keluarga menjadi musuh kenapa ingin harta ini memuaskan nafsu indria, seperti barang barang mewah, tanah, jalan jalan, dll pertama argumen dulu, lalu jadi pertengkaran coba dengar baik baik menurut saya presiden Trump baik banget, satu lagi bilang tidak setuju jadi orang pertama kontradiksi yang kedua pandanganmu salah, jadi orang kedua merasa terhina dia tetap tenang orang kedua bilang saat ini lebih baik.

Tapi orang pertama balas dengan datar semua jadi bersitegang, argumen seperti ini paling tidak berguna satu sama lain, jadi menurut bhante. Hal ini sudah ditemukan pada dasarnya sudah menemukan opini tertentu, pasti tidak akan dirubah lagi opini itu sangat membuat gaduh, sebenarnya jadi tiada guna semua jadi saling membenci & membuang buang waktu saja, menurut bhante pada saat dengarkan ceramah ini mungkin pernah / kita mengalami kejadian itu, pada saat kita melakukan argumen untuk mengubah pikiran orang itu tapi susah, kita tahan untuk hal itu bhante menjelaskan bagaimana cara keluar pada saat itu banyak orang yang bertanya & datang ke bhante, tapi tidak ada waktu padahal saya tidak punya waktu untuk bersila & berlatih meditasi, tidak memiliki waktu sejam / 30 menit bhante sudah mendengar ini ribuan kali, lalu bhante menjelaskan ajaran.

Buddha tidak hanya meditasi saja, bhante menjelaskan 8 jalan utama contohnya: tindakan benar, ucapan benar apa yang bhante jelaskan kita bisa terapkan di kondisi apapun dulu bhante, sering bilang meditasi hal utama. Tapi sekarang tidak seperti itu lagi contoh mobil apa yang bisa menggerakan mobil? Apa mesin, karburator apa hal yang penting jadi seseorang yang mengerti otomotif, semua itu penting sekali satu hilang tidak bisa jalan walau punya alpha romeo, tidak ada ban tidak bisa gerak bhante sebut contoh ada 1 benang yang keluar semakin rusak baju semua saling terhubung, sama dengan 8 hal utama bhante pergi keluar untuk simpan buku, buku dhamma jika soal dhamma bhante bisa menjawab kalau soal rakit meja itu beda lagi, bhante baca instruksinya dulu.

Tapi begitu bhante selesai merakit lemari itu, ada 1 yang belum terpasang jadi bhante lihat instruksi kembali, mungkin tidak terlalu penting. Jadi bhante baru sadar kakinya tidak seimbang tidak bisa berdiri dengan baik, akhrnya bhante membongkar lagi & menyusun dengan baik cukup soal ikea, bagaimana kita sedang ditengah konflik dengan orang lain bagaimana cara kita hindari, anggap saja kita beragumentasi soal presiden Trump pada saat awal menanyakan pendapat kita tentang presiden Trump, awalnya setuju idenya merasa senang untuk meyakinkan orang itu tentang presiden Trump, lalu setelah kita menyebutkan hal itu pendapatnya tidak disetujui, perasaan positif kita jadi turun jadi pada saat kita amati perasaan tidak senang, ada 3 hal merasa terkontradiksi, merasa terancam, merasa terganggu jadi ini sebuah proses diawal, tidak suka pendapat tapi bisa ke orangnya juga orangnya bisa melihat awal tersenyum, jadi berubah gerak fisiknya juga berubah kemudian kita mengamati tidak mau mendengar lagi.

Orang itu jadi kecewa pada akhirnya semua tidak mau saling mendengar, pernah lihat / merasakan hal ini, ada 4 tahap yang terjadi. Perasaan, batin / pikiran, tingkah laku, & semua ini jadi hubungan yang bermasalah saling tidak suka satu sama lain, padahal jika topik diubah tentang Australia, itu bisa jadi sangat menarik bagaimana kita bisa tangkap itu sebelum proses sangat bisa jawabannya, ada di berkesadaran semua ini kembali kedua tahap terakhir dijalan utama, bhante berkata tentang hidup berkesadaran dalam kehidupan sehari hari bhante membuat beberapa contoh, untuk kehidupan sehari hari tempat bhante saat ini di Australia ada angin & banyak debu, untuk mengatasi ini membeli vaccum cleaner setiap 2 hari sekali melakukan vaccum cleaner, setiap 2 hari sekali melalui vaccum cleaner bhante memberikan diri sebuah tugas, dari awal sampai akhir penuh konsentrasi & berkesadaran prosesnya hanya 20 menit.

Selama 20 menit bhante, banyak mendaaptkan pengalaman perasaan, pikiran, & gerakan contoh bhante lakukan gerakan maju & mundur, sadar bhante juga sadar kakinya menyentuh lantai, pakaian juga menyentuh kulit. Bhante sadar dengan pikiran pikiran utama saya benci melakukan hal ini, jadi bhante membiarkan kesadaran itu beralih & tetap menjaga supaya tidak lakukan hal yang aneh aneh, akhirnya bhante melakukan dengan kesadaran yang tinggi, kita semua sadar pada saat melakukan hal itu anggap kita datang ke sebuah pesta kita tidak sadar, pada saat itu mungkin dipesta itu ada kamera video jadi kita langsung sadar diri & kadang secara tidak nyaman, pada saat kita pergi ke wawancara kerja contohnya kita saat mau wawancara kerja jadi sadar penuh, kita tidak mungkin lakukan hal itu alaminya tidak seperti itu, dimomen tertentu jadi pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa setiap saat penuh kesadaran.

Bhante menyebutkan ada beberapa aktivitas yang dilakukan, saat vaccum cleaner, makan / saat menyiapkan makanan, jadi kadang bhante suka lupa. Jadi bhante siapkan catatan kesadaran dimeja makan,tiada aktivitas yang tidak bisa lakukan hal ini dari waktu ke waktu disutta itu buddha menyebutkan, pada saat datang & pergi itu benar benar disadari walau baca sutta, itu kita tahu pada saat kita dikamar mandi saat buang air kecil / buang air besar tiada 1 aktivitas yang kita tidak lakukan, secara sadar semua pasti melakukan kesadaran kita bisa lakukan, pada saat aktivitas sehari hari bhante menceritakan ada yang mengajak pindah agama, pertemuan tidak nyaman bukan argumen ada rasa tidak nyaman tapi setiap kali bhante sadari, perasaan itu tidak masalah orang itu berusaha menjelaskan agama itu menarik mungkin anda benar, surga tidak pernah dengar hal itu.

Mungkin dirumah saya menjelaskan lagi dilain waktu, jika ada ketemu hal ini kita sadari, respon kita itu menarik. Semuanya baik bukan setiap kali ada argumen kita mengalah tetap kemukakan pendapat, kita tapi tidak perlu bertengkar hal itu kenapa itu penting di lakukan,kita berusaha selalu akur dengan orang orang buddha menyebutkan murid murid buddha, menjelaskan hal ini jadi pemersatu memperkokoh pertemanan yang sudah kuat, ikut bergembira damai, damai penuh cinta, turut bergembira pada damai murid buddha mengemukakan pendapat dengan penuh damai, bhante menyebutkan kalau menerapkan ini lebih baik, daripada menaruh bunga di 100 altar buddha jadi pada saat kita melakukan hal ini kita mendukung rasa hormat, dengan rasa cinta kasih kita berkontribusi pada kedamaian juga kebersamaan, harmonis inilah sebabnya melakukan penuh damai bhante berpesan semoga hal yang diajarkan oleh bhante, untuk mengurangi rasa konflik tersebut ok bhante berkata tanpa tahu persis bhante tidak bisa lakukan nasihat yang tepat bhante menyebutkan ini hal rumit ada keluarga kumpul bersama, tapi ada ingin tinggal sendiri mereka sadar ingin orang tua memikirkan anak / sebaliknya.

Tidak merasa pada pihak lain, bhante berkata tidak mengecewakan 2 pihak itu memang benar, tapi itu mungkin tidak berakhir dengan baik masalahnya. Sering terjadi yang tidak jujur jadi semua terjadi perpecahan komunikasi, untuk jujur terkadang anak tidak berani bicara jujur ke orang tua, jadi bhante mengajarkan lebih ke komunikasi dengan baik bhante menceritakan hal pribadi, ada seorang bhikkhu untuk tinggal disana salah simpan tempat pisau & garpu, pertama diam dulu tapi malah jadi konflik masalah besar coba dikomunikasikan dengan baik, coba terus berkomunikasi karena pasangan muda bhante menyebutkan itu sebuah masalah, untung di Australia tidak masalah ada perasaan terganggu terhadap orang / orang yang kita tahu, itu hal berbeda ada rasa tidak suka terhadap orang umum, kita buang jauh jauh karena semakin ada rasa kecewa / rasa marah lalu bhante menyebutkan, bagaimana yang kita kenal jangan menuduh mereka kia menolak dengna halus kita jelaskan mengikuti protokol covid-19, tidak perlu bertengkar kita cukup jelaskan saja itu sudah lebih baik, untuk melakukan hal itu jadi lebih baik berpikir positif untuk hal hal yang baik sekali lagi, bhante ingin kita jadi lakukan hal hal yang positif & sadar penuh.

Komentar

Postingan Populer