INSTRUKSI JAMYANG LAMA TSHONGKAPA BY DAGPHO RINPOCHE

 

Sekarang kita harus merenungkan kondisi cukup baik kenyataan saat ini, ketidakkekalan yang disebut ketidakkekalan tidak bisa bertahan pada kondisi terus menerus tidak bertahan. Semakin dekat pada kondisi kehidupan mendatang kondisi yang tidak bisa bertahan, kemajuan ilmu berkembang terus menerus mengalami perubahan pada kondisi kita saat ini kita semakin mendekati kehidupan mendatang, kondisi kita tidak baik baik saja karena semakin dekat kita ini akan bergerak kehidupan mendatang ini ada karma buruk, bisa jatuh di alam rendah alam neraka paling singkat 1,62*1012 tahun itu neraka paling rendah makanya kita harus benar benar tarik manfaat sebesar besarnya pada kondisi yang dimiliki saat ini dengan cara ini kita mendekat kehidupan mendatangnya kita harus pastikan kehidupan mendatang tidak jatuh ke alam rendah.

            Terkait kondisi ini kita harus mengembangkan batin kita, kita memiliki jasmani harus dijaga tubuh jasmani ini jika sakit kita harus ke dokter kita harus kembangkan batin kita kondisi kita ada kualitas baik. Memiliki kesalahan kualita baik tambahkan kurangi keburukan, terapkan metode mengatasi kesalahan tersebut, itulah metode yang bisa kita ambil dalam kehidupan saat ini, karena merubah keburukan hanya dengan kebaikan.

            Tiada yang lain penjelasan yang diberikan untuk muda mudi anda merasakan kemarahan, kecemburuan, kemelekatan harus sadari itu adalah kesalahan. Sadari kerugian marah cemburu melekat itu tidak hanya saat ini tapi sampai kehidupan berikutnya kita harus tinggalkan, kualitas baik keyakinan pada karma itu harus diidentifikasi sadari tingkatkan setelah menyadari itu semua tujuan kita untuk semua makhluk cara seperti ini untuk perhatikan kepada semua makhluk, menyadari itu adalah praktik dhamma kalau ditingkatkan / hentikan harus belajar tapi bukan untuk tujuan menyombongkan tapi kita jadi tahu mana yang baik, metode terpenting untuk kita lakukan menyadari mana yang baik & mana yang buruk untuk kita ambil.

            Bagi yang sudah lebih senior paham ada suatu contoh pelajari kumpulan topik / debat filasafat seperti karma betapa beruntungnya anda dapat pelajaran itu, pelajaran mendasar itu sangat sulit belajar dhamma secara mendalam. Betapa luar biasa ajaran tersebut & itu bisa bermanfaat bagi semua makhluk & kita semua terkait misalnya metode yang kita pelajari ibarat seperti ini harus mendapatkan instruksi, jika kita tidak dapat tidak bisa harus melihat pikiran, upaya untuk melakukan dengan cara ini kitab kitab utama butuh instruksi, untuk diterapkan dalam praktik kita oleh sebab itu metode tahapan jalan menuju pencerahan berkat inilah kita bisa mengenali & praktikan ajaran buddha.

            Instruksi Jamyang Lama Tsongkappa ini dibandingkan teks lamrim ajaran ini berisi ada mengandung praktik & ulasan kitab ini, jadi praktik & ajaran yang pas untuk kita jalankan saat ini. Terkait instruksi lisan Manjunghosa pada masa lalu di Tibet itu dibutuhkan waktu kepada seorang praktisi aduh andaikan lebih depat sehingga tidak begitu susah untuk saya dapatkan, ketika jatuh ke alam rendah kita bayangkan diri kita sendiri, jadi makhluk dialam rendah dengan cara seperti ini andai lebih cepat saya tidak akan sesusah itu dalam menjalankan ajaran / perenungan kematian ini, karena ini adalah penting cara mendapatkan ajaran & mendengarkan ajaran jadi lebih ke tradisi Wikramasila; ada 4 bab garis besar yang dibuat oleh Y.M Atisha melalui buku Pelita Sang Jalan.

            Tadi barusan kita sudah jabarkan ada yang sudah mencapai Geshe ada yang belajar ada yang belum, ini adalah instruksi lamrim yang sangat berharga diusia senja saya ini keinginan saya. Semua biasa menjadi guru lamrim ada ditasbihkan / perumah tanggapun bisa memahami instruksi lamrim ini menjadi guru lamrim, selama seseorang memiliki kualitasnya bisa mencapai asal kualitasnya bisa ditembus dalam pepatah Tibet tersebut, terkait garis besar ini bertumpu guru spiritual bagaimana secara bertahap kelahiran manusia ini yang bisa memperoleh 8 kebebasan & 10 keberuntungan motivasi agung mengenali boddhicitta cara berlatih dalam vajrayana untuk secara umum & khusus.

            Meditasi vippasana intisara kebijaksanaan samantha objek objek yang harus dimeditasikan ada 8 aktivitas meditasi tanpa kesalahan, terkait 5 kesalahan tersebut ada keterangsangan antidot itu ada dijelaskan. Kemalasan ingatan lanjut penjelasan keterangsangan itu waspada keterangsangan apa itu keterangsangan objek yang menarik & menghilangkan konsentrasi terhadap samantha, terkait ada kesalahan ini penting sekali untuk direnungkan bukan praktik meditasi tapi kehidupan sehari hari, perasaan menyenangakn itu kemelekatan itu juga termasuk kategori keterangsangan bentuk kesenangan ada beragam, itu adalah bentuk kemelekatan & jika sudah terjadi kita harus benar benar merasakan, coba ingat ingat itu kesalahan dalam praktik meditasi samantha, sebagai contoh kesenangan dimasa lampau seperti bertemu didapur dulu ini, kalau bukan keterangsangan ini adalah bentuk kesalahan, karena kita melekat pada satu kondisi, momen, barang, hal hal lain yang membuat kita jadi lebih melekat.

            Terkait misalnya kesalahan ini kalau kemarahan bukan keterangsangan, tapi itu juga harus dihentikan. Karena pindah objek 12 mata rantai harus berhati hati menyenangkan 1 objek musuh juga harus dihentikan, karena perpindahan objek pikiran kita jadi itu juga harus kita hindari itu salah satu objek yang tidak baik / tidak pas, berikutnya adalah kutipan tidak mencerap objek batin yang tidak tajam / buta sejak lahir, jadi sebelumnya dijelaskan objek aspirasi mengambil 1 kutipan Samadhiraja jadi yang disampaikan disini, jika kita tidak mendapatkan secara umum kita lihat objek dari jelek sampai bagus, semua bertahap untuk menjalankan semua ajaran jadi pertama melatih secara bertahap, jadi faktor pembiasaan tanpa memaksa kita bisa dapatkan semua itu masuk ke dalam posisi postur tubuh dalam posisi teratai setengah alas duduk, mata ½ tutup untuk melihat ke bawah.

            Posisi apa adanya nafasnya tidak dibuat buat, latihan samadhi ini bayangkan wujud buddha semakin kecil semakin baik. Jaga pikiran terus menerus meditasi juga terpusat tanpa terpecah untuk menolong semua makhluk nantinya, jadi sampaihari ini disini tolong direnungkan awal & pentupan, dalam penutupan ini ada lakukan dedikasi terutama ajaran semoga semua berbahagia, semua ajaran untuk meditasi yang baik maut latihan pernafasan samantha maupun metode latihan untuk biar aktivitas sehari hari kita selalu baik adanya, semoga ajaran ini juga bisa mendapatkan hal hal yang baik & bermanfaat.

            Semoga semua makhluk berbahagia sadhu sadhu sadhu.

Komentar

Postingan Populer