ULAMBANA SUTTA BY BHANTE SILA

 

Bulan chitgwee cap gow adalah hal yang paling baik untuk berdana makanan ke bhante ibu Y.A Moggalana sudah selesai menjalani karma buruknya buddha sakyamuni pun senang pada saat tanggal 15 bulan 7, akan bebas dari penyakit serta 7 generasi lampau berdana kepada buddha & sangha. Y.A Moggalana menjalankan dengan penuh sukacita khotbah pertolongan / keselamatan sutta apakah ulambana hanya mahayana saja? Dhamma ada 2 bahasa sansekerta & pali teks perlu kita pahami beragam sisi lupakan dulu ini khusus theravada, mahayana kita mengenal kata ulambana ini adalah sebuah tradisi kalau dilihat di Indonesia tradisi ini muncul di masyarakat Tionghoa apakah hanya buddhist mahayana  /  seluruhnya ulambana sutta perbuatan bajik di Tiongkok, Jepang, Korea, Laos, Kamboja, & Tionghoa di Indonesia menjadi landasan awal ulambana sutta salah satu khotbah yang ada ditipitaka berbahasa mandarin, bahasa sanskrit di India tapi sampai sekarang tidak ada yang disanskrit. 

Apa kaitannya dengan tradisi mahayana ulambana sutta instruksi buddha berkaitan bulan 7 ditanggal 15 ada apa sebenarnya disini historis buddha & bhikkhu, dibulan 7 tanggal 15 paravana mengundang para bhikkhu. Setelah selesai ret ret musim hujan jika dilakukan pada saat paravana memiliki kebajikan yang besar ketika dilimpahkan bukan orang tua pada masa sekarang tapi 7 kehidupan masa lampau, Y.A Moggalana baru sampai tingkat supranatural orang tuanya terlahir dialam peta Y.A Moggalana ingin menolongnya & bertemu ibunya di alam peta ketika mangkuk diberikan & diterimanya tangan kiri lalu dimasukkan ke mulut menjadi api kemudian makanan ini tidak bisa ditelan bahkan menjadi bara api beliau mencari buddha & menanyakan kepada buddha, mampu menggetarkan langit & bumi semua tidak bisa menolong bulan 7 tanggal 15 semua bhikkhu berkumpul. 

Ini waktu yang tepat jenis makanannya juga yang harus kita pahami ratusan rasa masakan artinya, derma ini dengan suka cita begitu berharga sehingga rasa makanan macam buah, lilin, hio, & memberikan tempat perlindungan untuk sangha tidak untuk sekarang tapi 7 generasi. Hal penting untuk dipahami tidak muncul serta merta dari budaya tiongkok bakti ini muncul juga banyak dari pali seperti sigalovada sutta ada diteks mandarin & sanskrit ajaran pali teks seleuruhnya ada disutta apa yang ada disanskrit tiada yang dipali teks seluruhnya ada disutta apa yang ada disanskrit, tidak ada yang dipali teks ulambana sutta dipali teks tidak akan ada tapi ada diteks sanskrit, tapi yang kejadian ini ada dipali teks tanggal 15 & bulan 7 ulambana sutta yang ada memiliki nilai tidak hanya menolong tapi bakti kepada orang tua seperti Y.A Moggalana sangha dana ingin menolong orang tua kita & 7 kehidupan kalpa paravana / vassa semua ada ini bulan 7 tanggal 15 itu terjadi di Mahayana tapi di Indonesia & India nanti bulan 10-11 nasional, boddhisattva tubuh para bhikkhu hadir disana untuk menerima dana makanan sangat besar sekali kebajikannya mahayana baru selesai & nanti oktober kathina dilakukan untuk pelimpahan jasa. 

Sangat baik melimpahkan jasa nilai kebajikan yang mampu menolong orang tua kita dimasa sekarang & 7generasi, jika orang tua kita masih hidup sebisa mungkin diberitahukan ke orang tua jadi bisa bahagia jika masih hidup usia panjang, sehat, sejahtera, bahagia untuk yang telah meninggal sekarang / 7 masa lampau ketika diberikan ke mangkuk para bhikkhu mendaraskan perlindungan ucapan terima kasih yang dituliskan oleh buddha dalam masa ulambana sutta. 7 generasi lampau itu akan langsung bisa muncul dialam surgawi bedanya ulambana sutta & pattidana; pattidana bisa dilakukan  & kapanpun ulambana sutta memberi instruksi ke kita pada masa paravana semua bisa dilakukan pada masing masing tradisi, di India pada bulan 10-11, Tiongkok pada chitgwee capgow, Tibet beda lagi, pelimpahan jasa chitgwee capgow bisa untuk semua tradisi semua jadi satu dimasa zaman buddha pelajari esensinya tiada masalah dibulan 7 semua tradisi diluar ini juga tiada bhikkhu paravana kebajikannya kecil dimasa paravana inilah paling penting seorang bhikkhu yang mencapai pencerahan ulambana menyelamatkan makhluk kelaparan, ulambana = pattidana, kathina yang ada dibuddhist memberikan sokongan kepada para mendiang esensinya sama sama pelimpahan jasa . 

Bulannya saja berbeda memiliki kebajikan besar sekali kathina benar benar besar sekali, akhir masa vassa memiliki kebajikan yang besar. Lalu bedanya pada hari biasa itu besar pada ulambana pelaksanaan derma & pelimpahan jasa yang dilakukan pada masa paravana pelimpahan jasa tidak selalu dimasa paravana, apakah harus ke Sangha? Dalam nilai lebih ke Sangha pelimpahan jasa ke siapapun bisa tetapi tidak bisa memberi nilai kebajikan besar tapi ke sangha lebih besar, apalagi pada masa paravana Tiongkok & tradisi Tionghoa tapi di India Oktober paravana untuk di India, hari baik bulan 10 nasional ulambana tidak hanya bulan 7 tapi pada paravana hari berakhir masa vassa, kemudian di Sagin karena semua sama vassa cuman belakangan ini tradisi tiongkok baru selesai vassa praktik ulambana melakukan derma dimasa paravana / berakhir masa vassa semua bisa melakukannya yang ikut pada ke mana kenapa disebut hari hantu? karena Y.A Moggalana melakukannya pada waktu yang pas jangan heran dengar suara tangisan, minta tolong sudah sepantasnya orang dermawan langsung hanya ingat pelimpahan jasa dilakukan penting setiap dana harus diperuntukan & diketahui sanak keluarga, ketika di peruntukan mudita akan muncul. 

Ketika ada kambing, sapi, kelinci ada lalu kita memegang jagung diplastik lalu ada burung dara & ayam, yang mengikuti jika tidak ada kesiapan pasti cuek saja. Ayam & burung dara selalu mengikuti sama halnya mama Y.A Moggalana minta rasa bahagia pada masa lampau ia serakah, jadi lupa kenapa hanya ini saja orang yang suka mabuk jika belum paham merusak hidupnya ini membahagiakan bukan, mencuri / membunuh pun bisa tapi yang sadar ingin lepas, sama dengan kita yang belum sadar samsara itu merasa senang tapi jika muncul perasaan buddha pasti akan lepas kelekatan kita pada samsara ketika meditasi paham secara empiris samsara menderita hanya intelektual praktik tidak mungkin menunjukkan lekat pada masa samsara, ulambanna semua tradisi buddhist derma & dana serta dedikasi paravana semua bisa awal oktober perhitungan India paravananya purna dibulan 10 paravana untuk di India / tanggal 10 oktober dikalender Indonesia pagi siang sama saja berdana tapi niat kita kalau cukup pemahaman ada 5 keyakinan, penghormatan, bisa kapanpun, ikhlas, tidak merendahkan nilai bajik, besar tidak, kita tidak ingat namanya yang meningggal sama tiada masalah mereka mengikuti kita tidak ingat namanya tiada masalah, biarlah ini diketahui sanak keluarga dialam peta, lalu apakah disana semua beragama buddha? Tidak disana semua tidak ada agama jad siapapun bisa tumimbal lahir terus sebelum memotong 3 akar ketidaktahuan, keserakahan, & kebencian.

Komentar

Postingan Populer