AJARAN BEBAS DARI PENDERITAAN
Ajaran bebas dari penderitaan mengembangkan batin
mencapai pembebasan, keagungan ajaran lamrim ada atribut bebas dari pertentangan,
instruksi pribadi mengakhiri kesalahan besar semua ajaran bebas dari pertentangan,
pelita kebijaksanaan ajaran tanpa kesalahan apa perlu yang diwujudkan, meditasi
& ditinggalkan. Apa yang harus direalisasikan kebenaran tentang, karma
pembebasan yang diwujudkan meditasikan jalan untuk menghentikan. Penderitaan
itu sebab penderitaan untuk mencapai pembebasan jalan membebaskan menyadari
ajaran bebas dari pertentangan berarti konsisten secara logika, sebenarnya
ajaran vinaya, tantra, & mahayana itu cara cara unsur tambahan mencapai
keBuddhaan kita lihat 3 motivasi awal mengarahkan praktisi kebahagiaan
dikehidupan yang akan datang.
Motivasi menengah pembebasan sendiri / hinayana,
motivasi agung / mahayana mencapai sammasambuddha sebenarnya tidak bertentangan
berdasarkan level / kapasitas orangnya, seorang praktisi mendapatkan tingkatan
awal sampai tingkat agung, menjalankan 6 paramita lalu praktik lain, meditasi
dalam tahapan tantra dijalankan bertahap semua sama agar mencapai keBuddhaan,
semua mengandung praktik unsur unsur utama, tujuannya sama untuk mencapai
pembebasan beda pada praktiknya / orang yang menjalankannya ada orang demam
parah pertama hindari daging & alkohol, secara sekilas berbeda tapi
kondisinya berbeda tujuan resep itu untuk pasien sembuh diawal kondisi panas
tapi kemudian nasihat yang lain tapi demi kesembuhan pasien juga sama sama
mencapai pembebasan, sama lagi kecil kita tidak boleh pakai alat tajam tapi
saat dewasa silakan tujuannya sama kapasitas orang tersebut diawal, kapasitas
itu lalu kapasitas lain dilevel berikutnya sama sama mencapai pembebasan
sebenarnya keduanya untuk pembebasan tujuannya untuk kebaikan.
Makhluk itu sendiri tujuannya tidak menyakiti makhluk
tersebut lamrim tujuannya mencapai pembebasan untuk semua makhluk, mendapatkan
kelahiran sebagai manusia sampai ke-Buddha-an membangkitkan boddhicitta orang
itu boddhisattva untuk mencapai kebahagiaan makhluk lain sebagai boddhisattva
bisa menuntun untuk kapasitas masing masing demi mencapai pembebasan agar bisa
membuat jalan jalan yang sesuai dari 3 motivasi, itu misalnya motivasi menengah
seorang Boddhisattva harus tahu agar mencapai kapasitas itu kalau belum
mencapai itu Boddhisattva yang mengatur jalan motivasi awal, motivasi menengah,
& motivasi agung itulah jalan untuk menempuh ke sana.
Menjelaskan semua ajaran bebas dari pertentangan,
semua kapasitas masing masing sesuai dengan jalannya, Boddhicitta & 6
paramita bahwa semua ajaran bebas dari pertentangan. Lamrim chemo mengatakan
ada instruksi instruksi pribadi, ada ajaran secara lisan & praktik yang
dipelajari hafalkan saja & ada lagi praktikan cari yang lain untuk praktik
jadi hanya duduk dikelas & merenungkan saja ada beberapa contoh seorang
geshe tertentu dari biara Gelug geshe ini belajar satu ajaran, minta dari guru
yang lain membedakan instruksi dipelajari dan instruksi yang dipraktikan, kita
tidak liat hanya instruksi untuk kita membedakan belajar & praktik ini juga
salah bagi mereka yang mencapai kebebasan, namun kecerdasan terbatas kita tidak
kenal pemikiran / instruksi itu aja aku akan mencari instruksi lain, contoh:
Tripitaka karena kecerdasan terbatas kita tidak mampu untuk mengenal ajaran itu
tripitaka, dari jaman ke-Buddha-an sampai sekarang sudah merosot belajar
tripitaka sulit coba aja liat dari pencapaian Buddha mengajarkan satu kata /
kalimat bisa mencapai tapi sekarang belum tentu pasti perlu detailnya salah
satunya, lamrim belajar dari Guru Atisha pasti kurang mengerti langsung, apa
yang diajarkan itulah ulasan dari Boddhisattva.
Boddhipradampitam / pelita sang jalan jadi ulasannya
masuk ke pembebasan ditangan kita kitab ulasan sebagai instruksi pribadi kita
ajarkan yang dibabarkan seperti abiddhamma ajaran bersifat kitab dan realisasi
praktik berbeda dari yang lain yang udah dipelajari, itulah yang harus
dipraktikan sama ulasannya praktik vipasanna meditasi 4 tingkat menganalisa dengan
kebijaksanaan memahami semua kitab untuk praktik kesalahapahaman dengan orang
lain, lamrim itu instruksi kita motivasi awal ketertarikan pada kehidupan
mendatang bagaimana ketidakkekalan bagaimana menghindari alam rendah &
mencapai dialam tinggi praktikan & pelajari, dari lamrim apa yang harus
dipraktikan ketika belajar lamrim kita praktikanya dari sana, pemikiran
mendasar dengan mudah dipahami kebahagiaan berbeda dengan motivasi awal kehidupan
berikut lebih baik menengah, pembebasan agung untuk semua makhluk mudah
dipahami apa realisasinya itu unsur yang mencapai pembebasan untuk semua
ajarannya lamrim itu unsur unsur penting dari sang jalan.
Kita mudah memahami dari sang penakluk penjelasan
berikut sikap agung mewakili samudra luas ajaran lamrim bagaikan perahu, guru
bagaikan pendayungnya, guru sebagai kapten yang handal, perahu ajaran lamrim
untuk menyebrangi samudra luas kalau iat lamrim secara harafiah, mencapai pembebasan
untuk mempraktikan ajaran mencapai ke-Buddha-an kesalahan secara langusng berhenti
jika gagal memahami kita akan beda mendapatkan ajaran, mahayana dihargai pasti
membedakan hinayana kita akan seterusnya akan tidak mencapai pembebasan jika
kesalahan yang sangat besar, membeda bedakan 2 ajaran / lebih yang belajar
dhamma itu karma buruk besar harus dihindari, kesalahan itu tidak akan muncul
lagi ada karma penawar tidak akan membeda bedakan lagi.
Jika kita memperoleh realisasi membangkitkan
pencerahan akan hilang rasa egois, jika memeditasikan apapun unsur unsur yang
berlawanan dengan Buddhist, pasti akan berbalik ke lebih baik lagi untuk
memahami dengan benar kesalahan besar tidak akan terjadi jika kita sudah
memeditasikan ajaran lamrim itu sendiri tiada tentang, instruksi pribadi
pemikiran semua makhluk & atribut kemuliaan topik lamrim mencakup
keseluruhannya semua poin praktik dari awal mencapai ke-Buddha-an mudah
dipraktikan karena diajarkan metode menjinakan batin semua diciptakan dari
batin, kita praktik dhamma untuk membimbing batin kita sesungguhnya lamrim bisa
melakukan instruksi instruksi batinnya.
Outline lamrim kan jelas contoh kematian kehidupan mendatang
semua yang lahir pasti mati kita tidak tau kapan mati, kerugian kita tidak
mengingat kematian & keuntungan mengingat kematian kita mudah memahaminya,
cara merenungkan penderitaan samsara cara merenungkannya gimana, jadi kita bisa
liat untuk dipelajari & mudah dipraktikan ajaran ini mumpuni karena dari 2
guru agung silsilah Nagarjuna & silsilah Ariya Maitreya lamrim punya
keunggulan tersebut makanya, dibilang lebih unggul dari ajaran lain karena
lamrimnya itu sendiri, kebajikan muncul mau bahagia lebih banyak kebajikan
mengurangi ketidakbajikan, kurang dalam kebajikan itu tidak akan muncul kalau
diliat karma secara global berkaitan karma kolektif. Kebanyakan tidak bajik akar
muncul orang merosot kebajikan munculnya ketidakbajikan contoh orang jaman dahulu
bisa hidup lebih dari 100 tahun, itu jarang dimasa hidup sekarang karena
ketidakbajikan, cara mengatasi perbanyak kebajikan & kurangi
ketidakbajikan.
Komentar
Posting Komentar